PENILAIAN

sebelumnya saya minta maaf, penilaian ini saya buat dengan tujuan agar dapat menilai film se-objektif mungkin. saya bukan orang yang ahli pada setiap bidang di dunia perfilman, tapi saya peduli akan kualitas sebuah film dan kepuasan penonton. maksudnya kualitas film akan menentukan kepuasan penonton. berdasarkan pengalaman, saya mencoba memberikan penilaian, bukan untuk menghina hasil karya seni, tapi agar bisa lebih baik pada produksi produksi berikutnya serta sebagai penonton bisa lebih kritis sehingga bisa mengambil hikmah dari semua film yang ditonton. menurut saya tidak ada karya seni (khususnya film) yang jelek. Insya Allah dalam penilaian saya tidak menghina-dina sebuah film sehingga tidak ditonton. setiap karya ada kelebihan dan kekurangan. kekurangan / penilaian rendah bukan berarti film itu jelek. saya tidak bermaksud men-doktrin penonton dengan penilaian saya.. penonton lain berhak memberikan penilaian lain terhadap sebuah film.

penilaian setiap kategori : terendah = 0.5 bintang >< tertinggi = 10 bintang

————————————————————————————–

KATEGORI PENILAIAN

Akting :

penilaian ini dilihat dari bagaimana para aktor/aktris pendukung memainkan peran dalam film tersebut.. bagaimana “tek-tok” antar pemain… emosi yang terlihat… karakter masing2 tokoh terlihat apa gak.. sebagai referensi bisa diliat akting masing-masing artis di film lainnya (hanya untuk perbandingan mereka bisa membawa karakter yang lain atau tidak). jadi kalau ada artis yang karakternya sama setiap filmnya,, yah,,, nilainya gak begitu tinggi..

untuk film animasi penilaian pada bagian ini adalah kesesuaian karakter animasi dengan pengisi suaranya..

Harmonisasi Film:

saya menilai bagian ini dilihat dari karakter-karakter pemain mendukung atau tidaknya pada jalannya cerita; suasana latar mendukung tema dan ide cerita; durasi yang cukup untuk menjelaskan isi film tersebut; dan aspek-aspek lain yang membuat film ini lebih menonjol (sound, scoring music, dll). intinya pada bagian ini ditekankan pada penyutradaraan film / sang sutradara yang pegang kendali.

hiburan:

bagian ini hanya untuk menginformasikan pada penonton bahwa film ini memiliki seberapa besar tingkat hiburannya. yang termasuk hiburan adalah segala sesuatu (mengenai perasaan) yang terasa memuaskan atau mengundang/memainkan emosi penonton, bisa lucu sehingga tertawa-tawa; sedih; mengharukan; seru, seram, menegangkan; gregetan, dll.

pesan:

bagian memberikan informasi bahwa seberapa besar film ini memberikan pengaruh pada penonton terutama pada isi pesan yang terkandung. bisa pesan moral atau pesan apa pun yang tersirat yang berguna bagi penonton setelah menonton film tersebut, bisa juga pesan konyol berupa kritikan / sindiran yang membuat film ini dikenang oleh penikmatnya, tapi bukan pesan norak yang gak jelas tujuannya apa atau hanya untuk lucu-lucuan sehingga tidak berguna sama sekali bagi penonton.

sinematografi:

saya menekankan bagian ini menjadi sendiri karena saya ingin menunjukkan kualitas pengambilan gambar yang bagus, yang tidak dibuat-buat (natural) sehingga penonton bisa puas menonton bila pengambilan gambarnya bagus.. pencahayaan yang tergantung suasana dan pas pada moment-nya.. visual-effect (kalo ada) bisa jadi nilai plus. bagian ini yang membedakan seni peran di film dan di teater.. peran cameraman di sini perlu diperhatikan.

overall:

jumlah bintang setiap kategori dibagi 5.. (silakan dicek, hehehe..), bentuk bintang mengalami pembulatan.

contoh: total 5.9 — tercantum(5.9)

*untuk desimal 0,4 dan 0,6 dibulatkan menjadi 0,5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s