THE TOURIST

THE TOURIST

Gerak-gerik Elise Clifton-Ward (Angelina Jolie) selalu diikuti oleh intel yang ingin mencari Alexander Pearce. Elise merupakan kekasih Pearce yang dipercaya oleh intel bahwa suatu saat mereka akan bertemu. Intel selalu mencurigai siapa pun yang berada di sekitar Elise karena ada kemungkinan bahwa itulah Pearce. Kondisi ini dimanfaatkan Pearce melalui suratnya pada Elise untuk menemukan satu orang di kereta untuk mengelabuhi agen-agen dari intel tersebut. Orang yang ditemukan itu adalah Frank Tupelo (Johnny Depp). Frank pun akhirnya dikejar-kejar untuk ditangkap. Perjalanan Frank yang tadinya untuk liburan menjadi terjebak dalam masalah Elise dengan intel serta mafia.

Akting pemain, terutama Angelina Jolie dan Johnny Depp terbilang stabil dari awal hingga akhir film. Tidak ada perubahan emosi yang signifikan. Kestabilan akting mereka tertolong alur cerita yang sangat mengantarkan penonton pada pengungkapan peran tokoh-tokoh tersebut. Berbeda dari versi Prancisya (“Anthony Zimmer”, 2005) yang diperankan oleh Sophie Marceau, misteri yang dibuat menjadi bukan sesuatu yang mengherankan bagi penonton mengingat peran-peran yang dimainkan Angelina Jolie pada film-film sebelumnya.

Membuat film remake dari film yang berisi misteri teka-teki akan menjadi tidak menarik bila dibuat sama persis dengan versi aslinya karena penonton yang sudah menonton film aslinya sudah tahu misteri tersebut. Inilah yang terjadi pada film ini. Sepertinya kurang bijak untuk membuat film yang mengutamakan suatu misteri berupa teka-teki dengan remake persis dari versi aslinya. Konsekuensinya, penonton menjadi bosan untuk menontonnya karena sudah tahu jawabannya dan penonton menjadi tidak perlu menonton versi aslinya karena sama persis. Perbedaannya hanya yang satu versi Hollywood dan yang lainnya versi Prancis. Versi ini lebih ‘menuntun’ penonton dari awal hingga jawabannya diberikan secara eksplisit, sedangkan versi Prancis penonton diajak untuk menebaknya sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selayaknya film Prancis yang di-remake dengan cara Hollywood, film ini menjadi lebih menghibur. Penonton akan dengan mudah mengikuti cerita versi Hollywood karena dikemas lebih menarik dan dituntun dengan baik sehingga penonton tidak perlu berpikir keras karena akan diarahkan sepanjang cerita. Ketegangan pun lebih terasa karena menggunakan efek yang lebih canggih.

Perbedaan yang mendasar dari film versi Prancis dan Hollywood adalah penyampaian pesan. Seperti yang telah disebutkan, film Hollywood cenderung menuntun penontonnya sehingga pesan film ini pun sampai dengan baik ke penonton tanpa harus konsentrasi tinggi.

Sinematografi pun lebih baik karena menggunakan efek yang lebih canggih. Pengambilan gambar sangat jelas untuk menonjolkan sesuatu yang dipentingkan dan menjadi pengendali cerita. Sinematografi dalam film ini mampu mebangkitkan suasana ketegangan. Akan tetapi, bila melihat jajaran produser yang banyak dan melihat perkembangan Hollywood sekarang, rasanya kesan action di film ini tergolong biasa, seharusnya hal ini bisa menjadi pembeda yang sangat besar dengan versi Prancis sehingga tidak menjadi sama persis serta menjadi keunggulan tersendiri dari film ini.

Pemain: Johnny Depp, Angelina Jolie, Paul Bettany, Steven Berkoff, Timothy Dalton

Sutradara : Florian Henckel von Donnersmarck

Produser : Gary Barber, Roger Birnbaum, Jonathan Glickman, Tim Headington, Graham King

Produksi : GK Films, Spyglass Entertainment

Tahun : 2010

Akting : ( 5 )

Harmonisasi film : ( 6 )

Hiburan : ( 7 )

Pesan : ( 5.5 )

Sinematografi : ( 7 )

————————————————————-

Overall: ( 6.1 )

-DJD-

 

 

1 Comment

Filed under T

One response to “THE TOURIST

  1. Pingback: asiarddiyahputridaniati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s