HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS: PART 1

HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS:

PART 1

Hidup Harry Potter semakin terancam dengan semakin kuatnya Voldemort serta para Death Eaters. Harry sudah tidak aman lagi pergi kemana-mana. Kementrian sihir pun akhirnya sudah dikuasai oleh Death Eaters. Kehidupan di dunia sihir sudah semakin suram. Harry dan teman-temannya pun sudah menjadi buronan. Tak ada yang bisa dilakukan oleh Harry dan kawan-kawannya selain berusaha menghancurkan Voldemort, apalgi sejak kematian Dumbledore sehingga mereka harus mengungkap misteri relikui kematian sehingga dapat mencegah Voldemort mendapat kekuatan yang dahsyat.

Akting yang dimainkan oleh para pemain di film ini sangat stabil dari awal hingga sekarang. Terutama untuk tiga sekawan yang menjadi tokoh utama, mungkin karena diasah juga pada film-film mereka di luar film Harry Potter. Akting mereka menjadi semakin matang. Aktor lain seperti Alan Rickman dan Helena Bonham Carter sudah tidak perlu lagi diragukan lagi kualitasnya. Begitu pula Ralph Fiennes yang dapat membawakan tokoh Voldemort dengan sempurna.

David Yates berhasil menutup episode terakhir Harry Potter (bagian 1) ini dengan gemilang. Semua cerita, detail, kesinambungan dari episode sebelum-sebelumnya, semuanya sangat rapi. Sebagai sebuah film bioskop yang memiliki dua episode, Yates sangat cerdas memotong adegannya. Penonton tidak merasa rugi menonton film yang belum selesai ini. Film ini menjadi contoh yang sangat baik untuk film panjang yang harus dipotong menjadi dua episode. Segala pertimbangan yang dijalankan tidak merugikan semua pihak, terutama penonton.

Film ini amat sangat menghibur. Penonton dapat dibius untuk menonton film yang berdurasi tergolong sangat panjang. Kesan menegangkan dapat diterima baik oleh penonton. Begitu pula dengan emosi penonton yang dimainkan mulai dari kisah yang lucu maupun kisah yang sedih. Permainan efek visual pun dapat membuat penonton berdecak kagum. Tanpa membandingkan dengan imajinasi pribadi bila telah membaca bukunya, imajinasi yang ditawarkan Yates dalam merealisasikannya dalam film dapat diterima oleh penonton. Akan tetapi, bila film Harry Potter yang pertama masih dapat dinikmati oleh anak-anak, mungkin film ini agak tergolong berat untuk anak-anak.

Pesan film tersampaikan dengan sangat baik. Semua detail cerita dalam film tidak ada yang kurang. Logika yang dibuat dalam film dapat dipahami penonton sehingga imajinasinya tidak berkesan mengada-ada. Film ini seakan membuka logika imajinasi penonton agar mampu kreatif dalam berimajinasi. Semua informasi sebagai kunci dari cerita dapat diikuti penonton. Pesan moral tak luput dari film ini. Walaupun pesan-pesan yang berkaitan dengan persahabatan, keberanian, dan kerja sama sebenarnya biasa saja, tapi penyampaiannya membuat penonton menjadi merenung setelah menontonnya.

Pengambilan gambar diambil dengan sempurna, tidak membuat penonton pusing walaupun berkesan suram. Semua pesan yang disampaikan sangat didukung oleh aspek visual dan aspek audio yang sesuai kadarnya. Visual effect pun sangat dapat dinikamati dan penonton akan berdecak kagum pada kerapihan efek tersebut.

Pemain: Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Ralph Fiennes, Helena Bonham Carter, Alan Rickman, Toby Jones

Sutradara : David Yates

Produser : David Barron, David Heyman, J. K. Rowling

Produksi : Warner Bros. Pictures

Tahun : 2010


Akting : ( 9 )

Harmonisasi film : ( 10 )

Hiburan : ( 9 )

Pesan : ( 9.5 )

Sinematografi : ( 10 )

————————————————————-

Overall: ( 9.5 )

-DJD-

 

 

1 Comment

Filed under H

One response to “HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS: PART 1

  1. wuriimut

    kereeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnn abieszzzz… mulai dari alur cerita, ketegangannya, lucunya, effectnya, pengambilan gambarnya…semuanya deh….

    emang paling suka harry potter versi movie…hehehehe…
    untung gak punya bukunya…jadi tetap merasa puas walau cuman nonton movienya…
    jadi gak sabar menantikan kelanjutannya…yang part 2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s