MEGAMIND

MEGAMIND

Megamind (Will Ferrell) dan Metro Man (Brad Pitt) adalah dua makhluk dari planet di luar bumi yang diselamatkan dari planet tersebut dengan dibuang ke bumi. Meereka memiliki kekuatan khusus yang menjadikan mereka makhluk yang khusus di bumi sejak kecil. Metro Man memiliki fisik yang lebih bagus dari Megamind, sehingga apa pun yang dilakukan Metro Man untuk menunjukkan kekuatannya akan selalu dikagumi orang-orang. Sebaliknya, Megamind memiliki fisik yang aneh, sehingga kekuatannya selalu dianggap tidak menarik. Akhirnya, Megamind memutuskan bahwa tujuan hidupnya adalah untuk menjadi tokoh jahat yang selalu bertolak belakang dengan Megamind. Hingga pada suatu ketika, Megamind dapat mengalahkan Metro Man. Apa jadinya? Sudah tidak ada jagoan, apa artinya seorang penjahat? Kebosanan ini membuat Megamind menciptakan sendiri tokoh jagoan supaya dia dapat bersaing lagi seperti ketika ada Metro Man.

Pengisi suara dalam film ini memainkan perannya dengan baik, tetapi hanya sebatas ‘pas’ untuk mengisikan suaranya. Tidak ada ciri tertentu dari tokoh mana pun yang dilahirkan dari pengisian suaranya. Brad Pitt sangat terasa warna suaranya sehingga ketika dia mengisi suara karakternya lebih terasa diri seorang Brad Pitt yang sebenarnya. Hal ini bukan sesuatu yang buruk, tapi berdampak pada karakter tokohnya yang tidak kuat untuk dikenang terlepas dari bentuk visualnya yang unik.

Ide cerita film dapat dikatakan menarik, akan tetapi ‘eksekusi’nya dalam film berkesan biasa saja. Terlebih lagi, sebelum film ini sudah ada Despicable Me yang mengambil tema yang serupa, yaitu melihat sisi baik dari tokoh jahat. Yang membedakan hanyalah dalam film ini ada tokoh pembanding, yaitu sang superhero, sedangkan dalam Despicable Me hanya persaingan antartokoh jahat. Cerita tergolong sederhana karena konflik yang ada sudah dapat ditebak oleh penontonnya.

Sebagai film animasi, fantasi yang disajikan menjadi menarik. Humor yang disuguhkan dapat mengundang tawa penonton, akan tetapi, mungkin akan sulit diterima untuk anak-anak. Bentuk visual tokoh-tokoh dalam film ini memiliki ciri tertentu, misalnya tokoh Megamind yang berbentuk seperti alien berwarna biru. Bila dilihat alurnya, emosi penonton tidak terlalu dilibatkan untuk mengikuti jalan ceritanya. Intinya, penonton hanya akan terhibur dari aspek visualnya saja.

Pesan dalam film ini dapat disampaikan dengan baik, tapi kurang bisa dikenang. Kejadian yang terdapat dalam cerita di film ini hanya seperti sebuah justifikasi dari adegan yang sudah dibayangkan oleh penonton. Dengan kata lain, pesan film ini sudah ada lebih dulu di otak penonton sebelum melihat adegan per adegan. Begitu pesan moral yang ingin disampaikan. Pesan moral yang ingin disampaikan kurang menyentuh hati penonton karena sudah dianggap klise untuk film dengan tema serupa.

Seperti biasanya, animasi DreamWorks memang menjadi tandingan Disney dan Pixar. Dengan bentuk karakter yang unik, maka akan dapat dikenang untuk wujud tokohnya dengan warna yang menarik pula. Animasi terlihat semakin nyata dengan adegan-adegan yang sudah mulai memfokuskan pada detail dari setting tempat di cerita dalam film. Untuk aspek suara tidak terlihat menonjol dalam film ini.

Pengisi Suara: Will Ferrell, Brad Pitt, Tina Fey, Jonah Hill, Ben Stiller,

Sutradara : Tom McGrath

Produser : Lara Breay, Denise Nolan Cascino

Produksi : DreamWorks Animation

Tahun : 2010

Pengisi suara: ( 6 )

Harmonisasi film: ( 5.5 )

Hiburan: ( 7.5 )

Pesan: ( 6 )

Sinematografi: ( 7 )

————————————————————-

Overall: ( 6.4 )

-DJD-

Leave a comment

Filed under M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s