INCEPTION

INCEPTION

Bagaimana rasanya masuk ke dalam mimpi seseorang untuk mencuri ide orang itu? Itulah pekerjaan ilegal yang dilakukan oleh Cobb (Leonardo DiCaprio) beserta rekan setianya, Arthur (Joseph Gordon-Levitt). Suatu hari Cobb menerima tugas baru yang sedikit berbeda. Saito (Ken Watanabe) berpikir jika Cobb mampu mencuri ide melalui mimpi, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk melakukan hal sebaliknya, yaitu menanamkan suatu ide melalui mimpi. Itulah tugas yang harus dilakukan pada Robert Fischer, Jr (Cilian Murphy). Untuk melakukan tugas itu, Cobb perlu dibantu oleh teman-teman yang salah satunya adalah Adriadne (Ellen Page). Dalam perjalanan menyelsaikan tugas ini, Adriadne, yang awalnya tidak tahu-menahu tentang metode masuk mimpi ini, tertarik untuk mengetahui latar belakang yang menghambat Cobb dalam menyelesaikan tugas ini.

Acungan jempol untuk akting semua pemain, baik pemain utama maupun pemain pendukung, termasuk figuran. Semua memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lain. Penjiwaan yang sempurna untuk semuanya. Untuk perubahan emosi secara cepat, Marion Cotillard tetap menjadi juara bila dilihat dari film-filmnya terdahulu, seperti “La Vie en Rose” dan “Public Enemies”.

Christopher Nolan untuk saat ini tidak diragukan untuk menggarap film yang berkualitas. Dia mampu membawa semua pendukung produksi film bekerja sama dengan baik. Hal ini dapat dilihat juga dari figuran yang dia atur pergerakkannya. Dengan pengarahan yang tepat membuat suasana latar tempatnya terasa hidup. Kejeniusan Nolan juga teruji dengan pembuatan cerita dengan ide yang cemerlang. Film ini berakhir terbuka sehingga tak heran akan muncul banyak forum setelah menontonnya.

Film ini dapat digolongkan film serius yang cukup menghibur karena membawa penonton terhanyut dalam misteri yang dibuatnya sehingga tidak merasakan durasi yang berjalan. Akting yang baik dari seluruh pendukung film mempengaruhi emosi penonton juga. Begitu pula kesempurnaan visual effect yang rapi sehingga penonton terpaku melihatnya. Akan tetapi, hiburan ini akan dirasakan bila penonton melihatnya dengan serius tanpa mempertanyakan alur pada awal cerita. Cerita akan semakin jelas pada pertengahan film. Bila melewatkan beberapa adegan dalam film ini, hasilnya akan pusing setelah menonton.

Dengan keseriusan ini pula, pesan cerita film ini akan tersampaikan dengan caranya Nolan yang tidak secara gamblang membuat alur yang rapi. Otak kita akan terkuras untuk merangkai kejadian demi kejadian untuk mendapatkan alur yang kita pahami sendiri. Bukan menjadi masalah bila banyak menimbulkan spekulasi yang berbeda dari setiap penonton setelah menonton. Penonton mencerna sesuai pemahamannya masing-masing. Apalagi ditutup dengan ending yang terbuka, penonton berhak untuk mengembangkan imajinasinya sendiri. Pesan moral dalam film ini terasa pada dialog yang terdapat dalam setiap adegan. Salah satunya adalah kerelaan Cobb untuk melepas yang paling dicintai untuk menjalani kehidupan berikutnya.

Sinematografi yang disajikan sangat sempurna, baik visual effect maupun efek suara. Semua hal itu membuat film ini memiliki ciri khas tersendiri. Penonton akan selalu mengenang kejadian jalan yang terangkat dan menekuk seakan melipat. Begitu pula dengan adegan air di dalam gelas yang melawan logika di dunia nyata.

Pemain: Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Marion Cotillard, Ken Watanabe, Tom Hardy, Cilian Murphy

Sutradara : Christopher Nolan

Produser : Christopher Nolan, Emma Thomas

Produksi : Warner Bros. Pictures

Tahun : 2010

Akting : ( 10 )

Harmonisasi film : ( 9 )

Hiburan : ( 7 )

Pesan : ( 8 )

Sinematografi : ( 10 )

————————————————————-

Overall: ( 8.8 )

-DJD-

4 Comments

Filed under I

4 responses to “INCEPTION

  1. Gita

    Sebuah ide yg bru.nolan berhasil menerjemahkan skema ‘gila’ny kdalam medium seluloid yg bgtu rapi,well-tought-through,tanpa menggurui skali lg spti halny di film2ny yg tdahulu,nolan brhsl menyisipkan pesan moral yg tsirat dblik atribut sebuah film blockbuster dg visual-effectny,betapa kuatny peta pemikiran shg seseorang mampu khlgn identitasny dlm menelusuri kerasionalitasan suatu obsesi.job well done!

  2. wuri

    really nice movie…
    ide Nolan dalam menjadikan dunia mimpi ke sebuah film kereeennn abis….para penonton diberikan sebuah ilmu baru mengenai bagaimana pengaruh dunia mimpi bahkan sampai ke titik terendah dunia mimpi yakni titik di bawah alam sadar…Idenya keren banget deh…!!

    Dalam penampilannya, film ini pun didukung dengan visual effect and sound effect yang apik…bagaimana benar2 dunia mimpi benar2 layaknya dunia mimpi, dan dapat juga menggambarkan dunia mimpi yang seperti nyata…Two tumbs up!!!

    Namun, layaknya film-film hollywood…always happy ending….pastinya film ini akan berakhir happy ending…jadi kesan beratnya film ini akan berakhir ringan karena penonton tidak kembali dibuat berfikir…hehehehe…coba klo endingnya dibuat berfikir…akan lebih seru lagi…dan akan semakin banyak forum2 diskusi film…hehehe….

    but overall…..keren banget deh niy film…!!

  3. Menurut gua kok filmnya ga terlalu istimewa amat, meskipun idenya memang brilian dan jenius.

  4. hello aku masih newbie nih, mampir2 yaa http://angkringanfilm.blogspot.com/
    mohon bimbingannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s