TOY STORY 3

TOY STORY 3

Film ini merupakan petualangan ketiga mainan Sheriff, Woody (Tom Hanks) beserta mainan jagoan luar angkasa, Buzz Lightyear (Tim Allen) dengan teman-teman yang lain tersisa. Penyebab dari petualangan mereka adalah Andy (John Morris) yang sudah remaja dan tidak memainkan lagi mainan-mainannya. Kemungkinan nasib mainan ketika pemiliknya menginjak 17 tahun adalah DISIMPAN di gudang (loteng) atau DIBUANG. Dengan kesalahpahaman yang terjadi, semua mainan kecuali Woody menganggap Andy hendak membuang mereka, sehingga mereka memutuskan untuk ikut Barbie ke tempat penampungan anak, Sunnyside. Ternyata Sunnyside, yang didominasi oleh Lotso (Ned Beatty) bukan tempat yang menyenangkan dan mereka mempunyai misi untuk mengembalikan Woody pada Andy. Yang menjadi masalah adalah semua mainan yang masuk dalam Sunnyside akan sulit untuk untuk keluar termasuk melarikan diri.

Pengisi suara yang menggunakan artis-artis terkenal ini tidak berubah dari “Toy Story” dan “Toy Story 2”. Kesetiaan para artis untuk mengisi suara pada tokoh-tokoh ini mempertahankan kualitas film ini. Walau sedikit komentar untuk Tom Hanks, menurut saya, suara yang dibawakannya semakin identik dengan sosok Tom Hanks, sehingga sosok Woody di film ini tidak terlalu menonjol.

Dapat diakui bahwa cerita Toy Story yang terakhir ini merupakan kisah yang terbaik dan sarat akan makna dari pesan-pesan yang tersurat maupun tersirat. Bila benar adanya bahwa tidak akan ada lanjutan cerita Toy Story maka dengan pengalamannya yang banyak sebagai editor di hampir semua film Disney-Pixar, Lee Unkrich menutup cerita Toy Story dengan sempurna dengan tema perpisahan yang sangat menyentuh. Setiap adegan cerita dapat diikuti oleh semua orang, baik anak-anak, maupun orang dewasa.

Seperti yang telah disinggung di atas, petualangan dalam film ini dapat diikuti dengan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Imajinasi dalam film ini membentuk logika sendiri yang dapat mengantarkan penontonnya untuk dapat menikmati film. Adegan menegangkan, menyeramkan mengundang rasa emosi penonton. Emosi penonton agar dapat tertawa juga ada melalui mendengar lelucon atau melihat adegan konyol yang diperankan tokoh-tokohnya. Pada bagian akhir, rasa haru juga diangkat dalam film sehingga penonton dapat mengambil makna dari film ini.

Pesan cerita film tersampaikan dengan sempurna melalui logika yang dibuatnya sendiri sehingga penonton dapat mengikuti film dengan baik. Di samping itu, film ini akan menjadi film anak-anak biasa bila tidak ada pesan moral. Menurut saya, bagi anak-anak, pesan moral yang dapat diambil adalah mengenai kesetiaan, kerja sama, solidaritas, dan pantang menyerah. Pesan moral yang tersirat yang sangat menyentuh adalah mengenai sikap kita untuk menghadapi perpisahan. Dalam hidup kita akan menemui saat ketika harus berpisah dengan apa pun. Tidak ada yang abadi. Spoiler Alerts! Hal ini digambarkan melalui adegan akhir ketika Bonnie melihat ada Woody dalam kotak mainan yang ingin disumbangkan Andy padanya. Andy pertama merasa tidak rela untuk memberikan Woody. Bagaimana pun keadaan memaksa Andy untuk berpisah. Perlu sikap yang tegar untuk menghadapi perpisahan semacam itu. Begitu pula pada adegan ibu Andy ketika Andy akan berangkat. Ditambaj pulan ketika Woody berpisah dengan teman-temannya. Dari Sunnyside dapat dipelajari bahwa suatu perpisahan akan menghadirkan sesuatu yang baru.

Untuk teknik animasi sepertinya tidak ada komentar banyak untuk Pixar mengingat Pixar merupakan tempat produksi animasi terbaik pada masa sekarang ini. Akan tetapi, mungkin sedikit komentar untuk tokoh manusia dalam film ini agak terlihat sedikit lebih kaku dibandingkan dengan “UP”. Selebihnya, PERFECT!

Pengisi suara: Tom Hanks, Tim Allen, Joan Cusack, Ned Beatty, John Morris

Sutradara : Lee Unkrich

Produser : Darla K. Anderson

Produksi : Pixar Animation, Walt Disney Pictures

Tahun : 2010

Pengisi suara : ( 8.5 )

Harmonisasi film : ( 10 )

Hiburan : ( 10 )

Pesan : ( 10 )

Sinematografi : ( 10 )

————————————————————-

Overall: ( 9.7 )

-DJD-

6 Comments

Filed under T

6 responses to “TOY STORY 3

  1. ayu

    I love this film very much! Ada rasa sedih, haru, dan bangga yang menyatu dengan pas. Aku suka Buzz versi Spanyol. >_<

  2. Kap

    Menurut saya Tom Hanks udah capek mainin Woody terus2an …
    He he

  3. ryan

    bikin toys story 4 dong

  4. michael palit

    toy story sangat bagus bikin saya nangis nontonnya memeng ok deh

  5. Agung woody cikamaru

    Ini kartun pertama yg buat gue terharu dan luar biasanya strategi yg dibuat woody dan kekompakannya

  6. jangan sampai flim toy story ini yang terakhir terus gax ada lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s