KNIGHT AND DAY

KNIGHT AND DAY

Pertemuan tak disengaja antara Roy Miller (Tom Cruise) dan June Havens (Cameron Diaz) membuka petualangan baru bagi June khususnya. June, seorang gadis biasa yang ingin melakukan perjalanan untuk bertemu keluarga harus terjebak dalam situasi tak diharapkan sejak pertemuan itu. Ia tidak menyangka ternyata Roy memiliki masalah dengan agen-agen rahasia dan karena pertemuan itu June harus masuk di dalamnya dan tak bisa keluar. Diawali dengan June dikejar-kejar dan selalu diselamatkan oleh Roy, padahal June tidak tahu Roy itu ada di pihak mana. Dengan kata lain June harus segera berperilaku seperti agen-agen rahasia pada umumnya, yang cerdik, tenang, melakukan aksi-aksi berbahaya agar bisa bertahan hidup.

Pasangan Cruise – Diaz ingin menciptakan suasana seperti “Mr & Mrs. Smith” dengan Action Comedy yang menyegarkan. Cruise bermain dengan gayanya yang cool sehingga sulit untuk menebak karakter Miller sesungguhnya. Hal ini sangat baik karena karakter Miller yang misterius itulah yang menjadi tujuan film ini. Akting yang baik dilakukan Cruise adalah dia tidak selalu berakting cool, tetapi juga diselingi ketika dia panik karena ada kejadian yang terjadi di luar rencananya dan kekhawatiran yang dimunculkan pada beberapa adegan. Begitu pula dengan Diaz, perubahan karakternya tidak berkesan dibuat-buat sehingga penonton dapat mengerti perubahan karakter yang terjadi. Tampilan “from zero to hero” yang dimainkan Diaz dalam tokoh June juga perlu dipuji.

Bila ingin ditinjau dari penyutradaraan yang mampu membawa harmonisasi dalam film, “Knight and Day” hanya dapat dipuji dari hiburan yang diberikan. Sutradara terlihat sangat ingin memasukkan unsur action dalam film ini, tetapi jatuhnya jadi berlebihan. Untungnya aksi-aksi laga itu diselingi dengan komedi-komedi segar yang dapat menetralkan suasana ketika penonton sudah jenuh dengan aksi laga yang ada.

Untuk penonton yang suka akan film-film yang berjenis action-comedy mungkin akan terhibur dengan film ini karena aksi-aksi laga dan komedi baik dalam bentuk tindakan maupun permainan kata yang ditampilkan. Akan tetapi untuk aksi laga akan merasa jenuh karena aksi laga yang disajikan berkesan terlalu banyak dan semakin lama semakin di luar logika, walaupun logika itu dibentuk dari imajinasi film itu sendiri.

Oleh karena itu, segala pesan kurang tersampaikan dengan baik. Penonton dapat mengerti ceritanya, tapi tetap sulit untuk dimengerti alur kesinambungan antar adegan untuk sampai pada cerita yang dimaksud. Begitu pula pesan-pesan yang dapat diambil untuk penonton. Pesan moral yang dikandung berkesan sangat umum mungkin karena film ini lebih mengutamakan sisi hiburannya saja.

Bila ingin disangkutpautkan, hiburan dalam film ini bisa dirasakan berkat adanya visual effect yang beraneka ragam walaupun tidak sesempurna beberapa film lainnya. Tidak mengecewakan dan tidak mengesankan untuk visual effectnya. Suara juga berpengaruh untuk mendukung suasana aksi laga yang dilakukan.

Pemain: Tom Cruise, Cameron Diaz, Peter Sarsgaard, Jordi Mollà

Sutradara : James Mangold

Produser : Todd Gamer, Cathy Konrad, Steve Pink

Produksi : New Regency Pictures

Tahun : 2010

Akting : ( 7 )

Harmonisasi film : ( 3 )

Hiburan : ( 8 )

Pesan : ( 4 )

Sinematografi : ( 6.5 )

————————————————————-

Overall: ( 5.7 )

-DJD-

Leave a comment

Filed under K

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s