KARATE KID (2010)

KARATE KID

Dre Parker (Jaden Smith), seorang anak berusia 12 tahun yang harus ikut ibunya (Taraji P. Henson) untuk pindah dari Detroit ke Cina karena penugasan ibunya untuk bekerja. Sebagai anak Amerika, Dre mengalami kesulitan dengan masalah budaya karena bahasa yang berbeda. Masalah Dre di Cina semakin besar sejak bertemu dengan Cheng (Zhenwei Wang). Dre tidak bisa menghadapinya karena anak itu menguasai Kung Fu yang tergolong dalam tingakatan yang sudah tinggi. Masalah ini seakan-akan memaksa Dre untuk harus bisa menguasai ilmu bela diri untuk melawan Cheng. Akhirnya seorang tukang reparasi alat-alat rumah tangga, Mr. Han (Jackie Chan) membantu Dre untuk memahami makna Kung Fu yang sebenarnya seiring dengan membantu Dre untuk menguasai Kung Fu.

Kualitas akting Jackie Chan di Hollywood layak dihormati mengingat pengalaman Jackie Chan dengan jam terbang yang banyak di dunia film. Dalam film ini, Jackie menampilkan karakter yang sedikit berbeda, dia berkesan serius (tidak konyol seperti yang biasa ia mainkan). Dengan ini, Jackie membuktikan kehebatan aktingnya dengan peran yang lebih serius. Begitu pula dengan aktor cilik, Jaden Smith yang patut diacungi jempol untuk aktingnya yang memainkan beberapa emosi dalam satu tokoh. Bila ingin disejajarkan kualitas akting Jaden Smith, dapat dibandingkan dengan ayahnya, Will Smith. Untuk Taraji P. Henson, akting sederhana yang dimainkannya mampu mewarnai film ini. Walaupun tantangan aktingnya tidak seberat tokoh yang ia mainkan dalam “The Curious Case of Benjamin Button”, bermain sebagus dalam film itu. Akan tetapi, untuk pemain Mandarin lainnya kurang mendominasi dan kurang bisa disandingkan dengan ketiga artis tersebut sehingga karakter pemain pendukung lainnya terlihat datar sepanjang film.

Kualitas akting yang baik menutupi cerita yang sangat sederhana. Semua pasti setuju kalau film ini tergolong film yang ending-nya mudah ditebak dari awal. Yang menjadi perhatian dalam film seperti ini adalah: Bagaimana sutradara mengantar penonton untuk mencapai ending yang sudah dapat ditebak? Dalam film ini, sutradara menggarap dengan baik melalui pangaturan tokoh, lelucon yang digunakan, effect, dan scoring yang digunakan. Akan tetapi, pada cerita menuju akhir berkesan diburu-buru untuk diselesaikan. Memang durasi sudah tergolong cukup panjang untuk sebuah film, tapi semua pesan, baik pesan film serta pesan moral sudah tersampaikan dengan baik dari awal hingga tengah film. Dengan begitu, kasarnya penonton sudah mendapat segala pesan tanpa harus menonton ending.

Bila membahas apakah film ini menghibur, jawaban yang benar adalah IYA. Durasi panjang yang terasa berlalu serta emosi yang dapat dirasakan penonton mewakili penilaian ini. Lelucon yang diberikan dapat mengundang tawa, ancaman serta suasana persaingan dapat pula dirasakan. Untuk itu, Karate Kid dapat direkomendasikan untuk penonton yang menginginkan hiburan dalam sebuah film.

Pesan yang disampaikan melalui film ini menjadi faktor penting juga untuk film sederhana seperti ini, terutama pesan moral yang berguna bagi penonton. Masalahnya, bila film sederhana seperti ini dapat dipastikan pesan mengenai cerita (alur) film akan sampai ke penonton dengan baik bahkan sudah dapat dibayangkan alurnya lebih dulu sebelum filmnya selesai, maka pesan moral dalam film berguna untuk membuat film ringan ini menjadi bermanfaat. Bila melihat hal tersebut, usaha penyampaian pesan moral tersebut dapat diterima dengan baik melalui dialog antar tokoh.

Sinematografi yang terlihat dominan dalam film ini adalah penekanan effect terutama pada adegan-adegan berkelahi untuk menonjolkan Kung Fu yang ada. Selain itu, hal yang sangat membantu membawa suasana adalah scoring yang digunakan untuk membangkitkan emosi penonton. Pengambilan sudut pandang kamera tidak terlalu spesial, tetapi tetap mendukung pada beberapa adegan.

Pemain: Jaden Smith, Jackie Chan, Taraji P. Henson, Zhenwei Wang

Sutradara : Harald Zwart

Produser : Will Smith, Jerry Weintraub, Jada Pinkett Smith, James Lassiter, Ken Stovits

Produksi : Columbia Pictures

Tahun : 2010

Akting : ( 8.5 )

Harmonisasi film : ( 4 )

Hiburan : ( 7 )

Pesan : ( 7.5 )

Sinematografi : ( 7 )

————————————————————-

Overall: ( 6.8 )

-DJD-

Leave a comment

Filed under K

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s