CACHÉ (HIDDEN)

CACHÉ (HIDDEN)

Georges Laurent (Daniel Auteuil) adalah seorang pembawa acara terkenal yang membawakan tayangan talk-show di siaran Prancis. Keluarga Laurent merupakan cerminan keluarga mapan dan ideal di Prancis, bahagia bersama istri dan anak di dalam rumah yang tergolong besar di tengah kota. Kebahagiaan keluarga terusik dengan adanya teror yang mengirimkan video-video serta gambar seperti buatan anak-anak yang tidak dapat dimengerti dari siapa dan untuk apa teror itu ditujukan pada keluarga ini. Berdasarkan kenangan masa lalu, Georges mencurigai seseorang yang ia yakini pelaku dari teror tersebut. Apakah hasil penelusuran Georges berhasil?

Salah satu film Prancis yang menggunakan dua artis kawakan Prancis, Daniel Auteuil dan Juliette Binoche, memang sangat membawa jiwa film ini dapat dirasakan oleh penonton. Bila secara awam melihat film ini, akan sangat berpotensi untuk bosan dan menganggap cerita di film ini biasa saja. Berkat akting yang sempurna dari pemain-pemain di film ini akan membuat penonton penasaran untuk mengikuti ceritanya. Perlu dihargai atas kerja keras akting semua artis pendukung film ini.

Film yang meraih banyak penghargaan di berbagai festival film terutama untuk kategori sutradara terbaik memang perlu diacungi jempol. Kecerdasan sutradara sangat diperlihatkan di film ini. Bila kita menontonnya dengan satu tujuan tertentu: entah memerhatikan akting; ingin mengikuti pesan dari film atau pesan yang ingin dikutip untuk bisa diambil setelah menonton; melihat kritik yang ingin disampaikan sutradara; atau melihat kepiawaian sutradara memasukkan unsur sejarah, film ini tidak akan membosankan sama sekali. Haneke dengan sangat apik membawa penontonnya yang memiliki tujuan tertentu melalui film ini.

Sejujurnya, film ini berpotensi untuk membuat penontonnya merasa bosan. Akan tetapi, bila menonton film ini dengan rasa penasaran akan tujuan tertentu, film ini akan dengan senang hati membawa kita terhanyut untuk menemukan apa yang penonton inginkan.

Parfait! Pesan film ini sangat mengena di hati penonton terutama pada satu adegan yang menjadikan film ini akan sulit untuk dilupakan. Adegan tersebut membuat pikiran kita terbuka dan akan mencari-cari pesan yang ingin disampaikan film ini.

Bila secara awam menonton film ini akan heran karena ada beberapa adegan statis yang cukup lama. Akan tetapi, bila dikaji lebih dalam, semua shot di film ini memiliki arti yang sangat mendalam, baik untuk penyampaian pesan film ini, pesan yang dapat dipetik untuk penonton, serta pengetahuan sejarah Prancis yang sedikit disinggung yang dapat kita katakan sebagai sebuah kritik yang cerdas.

Spoiler Alert! (sebaiknya tidak membaca bagian di bawah ini sebelum menonton filmnya)

Seperti film Prancis pada umumnya yang biasanya diakhiri dengan ending terbuka yang dimaksudkan agar penonton dapat mencerna sesuai pikirannya masing-masing, berikut beberapa hal yang dapat saya ambil dari film ini:

1. Bila menonton pertama kali akan berkesan film ini merupakan sebuah thriller yang berisi teror dari seorang imigran yang menyimpan dendam dari masa kecilnya. Tidak heran bila hingga akhir film menganggap bahwa Majid-lah pelaku teror karena dia ingin Georges merasakan trauma yang ia rasakan sejak kecil. Siasat cerdik Majid untuk bunuh diri adalah untuk membuat Georges merasakan traumanya ketika disuruh memenggal ayam di usia 6-7 tahun. Kalau Majid membunuh Georges, itu hanya akan mengakhiri hidup Georges dan menambah trauma dia akan darah. Sebaliknya, dengan membunuh diri, trauma Majid diakhiri dengan kematian dan Georges akan mengenang hal yang sama seperti kenangan Majid waktu kecil.

2. Bila meyakini Majid tidak bersalah dari kasus teror keluarga Laurent, kemungkinannya adalah anaknya Majid yang ingin membalaskan dendam ayahnya. Adegan Majid bunuh diri untuk membuktikan Majid tidak bersalah. Motif serta tujuan teror bisa dikatakan sama seperti no.1. Bukan untuk membunuh Georges, tetapi agar Georges merasakan trauma masa kecil Majid. Bisa muncul spekulasi bahwa anaknya Majid bekerja sama dengan anaknya Georges, Pierrot. Hal ini dikuatkan pada adegan ending ketika credit title berjalan, ada adegan Pierrot bertemu anaknya Majid di depan sekolah layaknya seorang teman.

3. Pelaku lain yang dimungkinkan untuk melakukan teror, yaitu Georges Laurent sendiri. Hal ini disebabkan secara tidak langsung semua data yang ditampilkan di film mengiindikasikan bahwa hanya Georges-lah yang mampu melakukan itu semua. Dua kemungkinan dari motif Georges adalah: (1) dia memiliki gangguan jiwa yang merancang teror tersebut hanya dalam bayangannya saja. Itu hanyalah kejadian yang hanya ada di bayangan Georges yang disebabkan ia menolak hadirnya trauma masa lalu. (2) kemungkinan lain adalah Georges memiliki kepribadian ganda yang dia meneror diri sendiri di luar kesadarannya. Beberapa adegan dapat dikatakan mengarah pada dugaan ini.

Inti dari film ini, terlepas dari ketiga dugaan di atas, adalah trauma masa lalu yang menjadi masalahnya. Bila dilihat dari film dapat kita lihat dampak dari trauma masa lalu meskipun itu terjadi ketika zaman kanak-kanak. Bila dihubungkan dengan sejarah Prancis, film ini bisa dijadikan sebagai kritik terhadap salah satu sejarah Prancis.

Pemain: Daniel Auteuil, Juliette Binoche, Maurice Bénichou, Walid Afkir, Lester Makedonsky

Sutradara : Michael Haneke

Produser : Margaret Menegoz, Michael Katz, Veit Heiduschka

Produksi : Les Films du Losange

Tahun : 2005

Akting : ( 9 )

Harmonisasi film : ( 10 )

Hiburan : ( 5 )

Pesan : ( 10 )

Sinematografi : ( 8.5 )

————————————————————-

Overall: ( 8.5 )

-DJD-

8 Comments

Filed under C

8 responses to “CACHÉ (HIDDEN)

  1. emonye

    serius ni mas nilainya ampe 8,5??
    hihihi saya sengaja lum baca artikel ini.. sing penting lgsg meluncur ae ahhh nonton ni film..

    makasih mas referensinya..

    terus update ya mas film2nya..🙂

    • jirodanusastro

      inget! film ini nilai hiburannya tidak terlalu tinggi, jadi kalau bosan tetap hajar saja… abis nonton kalo mau dibahas siap kok… soalnya sutradaranya banyak menggunakan simbol-simbol dalam film yang berhubungan dengan sejarah prancis

  2. deri

    ada alamat donlot ato info neli dvd nya?

  3. deri

    ada alamat donlot ato info beli dvd nya?

    • jirodanusastro

      dulu di tukang2 dvd banyak… atau kalo mau, datang saja ke pusat kebudayaan Prancis (CCF),, filmnya bisa ditonton di tempat…

  4. harryd.

    Setelah nonton filmnya (3 tahun lalu), dipikir2 kok saya cenderung ngikut kesimpulan yang nomer dua ya?

  5. yah.. saya juga ikut pda kesimpulan nomer dua… hahhaha

  6. Resmin

    It’s all Clear Now, saya Termasuk penggemar film – film eropa, saya rasa film2 eropa itu seperti sebuah peta buta yang berisikan kode kode menuju kesebuah persembunyian harta karun, menyimpan banyak sekali makna dan pesan pesan yang tersembunyi didalamnya.
    ada banyak sekali film sejenis ini yang saya menyebutnya “suck” movie yang saya tonton, saya sangat menyukai filmnya, dengan alur cerita yang membuat emosi naik turun. rasa benci, penasaran, kasihan, mendendam. kemudian endingnya membuat saya marah dan mengatakan “Suck’ karena meninggalkan rasa penasaran dan membuat saya merasa menjadi toko h protagonis yang ada pada film tersebut. seperti rasa dendam yang tidak kesampaian. hal serupa juga terjadi saat menonton The Hunt yang dibintangi oleh Meds Mikelsen, Jagten yang menjadi nominasi Oscar, Donie Darko 2001, etc. semuanya membuat saya berfikir bengong sewaktu kredit title keluar, what’s happening, damn, suck..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s