PLANET 51

PLANET 51

Alien is a creature from outer space. Itulah definisi alien menurut kamus. Apa jadinya kalau istilah ini dikenakan untuk manusia? Hal inilah yang menjadi isu dalam film “Planet 51”. Cerita film ini mengisahkan kehidupan makhluk-makhluk luar angkasa yang diibaratkan memiliki kehidupan yang kurang lebih sama seperti kehidupan manusia di bumi. Mereka memiliki anggapan bahwa ‘alien’ (yang dimaksud adalah manusia) adalah makhluk yang jahat dan akan merusak kehidupan mereka yang damai. Suatu ketika, astronot Amerika, Captain Charles “Chuck” Baker (Dwayne Johnson) mendarat ke planet ini. Chuck beranggapan planet yang ia kunjungi adalah planet tak berpenghuni, sehingga ketika ia menyadari bahwa ada penduduk di planet itu dia menyebutnya itu adalah ‘planet Alien’. Di sisi lain, penduduk planet itu beranggapan planetnya dalam bahaya karena kedatangan ‘alien’. Jadi, siapa yang ‘alien’?


Film ini tergolong film yang sangat ringan dan sangat sederhana karena masalah di film tidak rumit. Isu utama yang ditampilkan adalah mengenai ‘perbedaan’ dan bagaimana menyikapi ‘perbedaan’ itu. Semua dikemas sederhana, mulai dari rangkaian cerita hingga animasi yang dibuat.. tidak sesempurna “Wall-E” dan tidak seseru “Finding Nemo”. Pengisi suara juga agak kurang memunculkan karakter. Untungnya digunakan nama-nama yang tidak asing di dunia perfilman untuk menjadi pengisi suaranya. Cukup untuk mengundang penonton untuk menonton film ini. Dengan kesederhanaan film ini, tidak rugi juga untuk memasukkan film ini sebagai koleksi. Bisa digunakan untuk penyejuk di kala penat dengan rutinitas.

Ide cerita film ini patut dihargai tinggi karena menyajikan bagaimana menganalogikan kelompok yang kita anggap dengan memutarbalikan posisi, sehingga kita juga merasa bahwa kita lah yang berbeda bila dilihat dari sudut pandang kelompok tersebut. Menurut saya, pesan moral film ini yang menambah nilai tambah film yang berdurasi 91 menit ini. Film ini mengajarkan kepada kita secara tidak langsung bagaimana resiko yang akan dihadapi bila menyikapi perbedaan dengan positif atau dengan negatif. Perbedaan yang disajikan (manusia – alien) dapat menjadi analogi yang baik untuk perbedaan yang ada di kehidupan manusia di bumi (perbedaan ras, suku, agama, atau status sosial). Intinya, membedakan seseorang cenderung bersifat subyektif sehingga menyikapi perbedaan harus dengan bijak.

Pemain: Dwayne Johnson, Jessica Biel, Justin Long, Gary Oldman, Alan Marriot

Sutradara : Marcos Martinez, Javier Abad, Jorge Blanco

Produser : Ignacio Perez Dolset, Guy Colins

Produksi : Ilion Animation Studios, HandMade Films, Antena 3 Films

Tahun : 2009

Akting (pengisi suara) : ( 6 )

Harmonisasi film : ( 4 )

Hiburan : ( 5 )

Pesan : ( 9 )

Sinematografi : ( 7.5 )

————————————————————-

Overall: ( 6.3 )

-DJD-

Leave a comment

Filed under P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s