THE TALE OF DESPEREAUX

THE TALE OF DESPEREAUX

3007488037_ebf3371798

Film ini mengisahkan perjuangan seekor tikus pemberani, Despereaux yang melakukan kesalahan dengan masuk ke dunia manusia dan berbicara dengan seorang putri kerajaan, Princess Pea.. akibat perbuatan Despereaux ini, dia dihukum dengan diasingkan dari Mouseworld ke Ratworld. Di Ratworld ini dia mendapatkan teman seekor tikus got bernama Roscuro.. misi Despereaux adalah menyampaikan permintaan maaf Roscuro pada Princess Pea.. Masalah menjadi rumit karena ternyata sang putri tak bisa memaafkannya dan Roscuro justru dendam pada sang putri dan menculiknya ke Ratworld.

Film ini diangkat dari novel untuk anak-anak, karangan Kate DiCamillo. Ide cerita di film ini sangat imajinatif. Membuat tiga dunia yang berbeda, yaitu dunia manusia, dunia tikus, dan dunia tikus got. Kita terbawa dengan suasana perbedaan ketiga dunia tersebut. Penggarapan animasinya rapi, walau bentuk manusianya tergolong unik, tapi tidak menjadi masalah. Akan tetapi, ketika sang tokoh, terutama tokoh manusia berdialog, masih terlihat kaku sehingga pesan yang disampaikan kurang “mengena”. Padahal, artis-artis yang digunakan sangat bermutu, seperti Matthew Broderick, Dustin Hoffman, Emma Watson, Tracey Ullman. Cerita ini memang untuk anak-anak, tapi pemahaman akan pesan-pesan di film ini belum kena juga di anak-anak, mungkin harus didampingi orang tua untuk pemahaman pesan dari film ini terutama tentang pesan akan kekuatan forgiveness yang sangat ditonjolkan di film ini.

Mungkin kalau di dunia animasi, produksi Universal ini tidak serapi buatan Pixar atau Dreamworks. Akan tetapi, untuk film ini, dengan mengambil dari novel yang cukup terkenal dan terutama dengan menggunakan artis-artis yang terkenal sebagai pengisi suaranya, promosi film ini cukup untuk menarik beberapa penonton. Hasilnya, tidak mengecewakan. Sayangnya, pengisian suaranya kurang pas dengan animasinya.. animasinya yang kurang mendukung… Tapi, film ini bisa dijadikan referensi untuk koleksi. Walau agak sedikit “mengajak ngantuk” apalagi untuk yang belum membaca novelnya. Untuk yang sudah membaca akan terbawa suasana imajinasi Kate DiCamilo.

Pemain (pengisi suara) : Matthew Broderick, Dustin Hoffman, Emma Watson, Tracey Ullman, Kevin Kline, William H. Macy, Stanley Tucci, Ciaran Hinds, Sigourney Weaver

Sutradara : Sam Fell, Robert Stevenhagen

Produser : Gary Ross, Allison Thomas

Produksi : Universal Pictures

Tahun : 2008

worstpreviews

Akting : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 7 )

Harmonisasi film : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 4 )

Hiburan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 6.5 )

Pesan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 7.5 )

Sinematografi : bintangputih bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 5.5 )

————————————————————-

Overall: bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 6.1 )


-DJD-

3 Comments

Filed under T

3 responses to “THE TALE OF DESPEREAUX

  1. smandakaranganyar

    film ini kayaknya nggak bakal sukses ya
    tema tikus yang terbaik film animasi tentang tikus yang jdi juru masak
    kalo film animasi terbaik masih film finding nemo deh kyaknya

    • jirodanusastro

      ya setuju.. ratatouille masih lebih unggul dibanding tale of despereaux.. dan sampai saat ini memang berdasarkan pengamatan berbagai pihak memang finding nemo paling untuk film animasi seperti ini.. tapi kalau tidak salah dari keseluruhan film animasi yang ada.. lion king yang menjadi rajanya… semoga saya tidak salah.. perlu dicek lagi.. untuk itu, film animasi berdimensi 3 seperti finding nemo diharapkan akan terulang di film UP yang sebentar lagi keluar dan lagi jadi box office di Amerika.. UP diharapkan menjadi finding nemo “kedua”.. begitulah yang digembar-gemborkan.. kita lihat saja..

      • dewi

        ternyata up tidak se up itu.. hehe.. kalo ratatouille itu bagus banget. ponakan saya umur 2 th aja suka nonton ratattouille di ulangg terus. dan gak lama, ratattouille nya duet sama how to train your dragon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s