THE BOY IN THE STRIPED PAJAMAS

THE BOY IN THE STRIPED PAJAMAS


shockya

Melalui film ini, kita akan kembali lagi ke suasana zaman Nazi dengan Yahudi. Kisah ini menceritakan tentang seorang anak Jerman berusia 8 tahun bernama Bruno. Di kota, dia hidup mewah karena ayahnya adalah seorang Jenderal Nazi. Suatu hari ayahnya ditugaskan untuk ke daerah pelosok untuk mengawasi camp tahanan untuk orang-orang Yahudi. Dengan demikian, sang Jenderal dan keluarganya, termasuk Bruno harus pindah rumah ke daerah sekitar camp walau letaknya masih cukup jauh dari camp tersebut. Bruno tidak mengerti apa-apa akan situasi yang ada karena dia masih terlalu kecil untuk memahami apa yang terjadi. Jiwa petualang Bruno muncul karena dia bosan di rumah sendirian tanpa teman. Akhirnya dia bisa menerobos penjagaan rumah yang ketat dan berhasil bermain menyusuri hutan-hutan hingga sampai di perbatasan camp. Di perbatasan itulah dia berteman anak Yahudi yang menjadi tahanan, Shmuel. Dalam pikiran Bruno Shmuel hidup senang di dalam camp tersebut karena banyak anak kecil sehingga bisa bermain bersama dengan menggunakan “piyama” yang sama. Dengan demikian, secara diam-diam, setiap hari Bruno menemui Shmuel untuk menjadi teman walau dipisahkan oleh pagar kawat.

Film ini diangkat dari novel John Boyne dengan judul yang sama. Film ini tidak menggunakan artis-artis yang terlalu terkenal di dunia internasional, tetapi akting mereka sangat bisa untuk mendukung cerita film ini. Kita akan merasakan perasaan dari setiap tokoh yang ada. Penggarapan yang apik juga membuat film ini sebagus novelnya. Bagi yang sudah baca novelnya, akan “gregetan” di setiap adegan karena sudah tau ceritanya. Bagi yang belum baca novelnya, akan bertanya-tanya apa yang akan terjadi berikutnya. Begitu selesai nonton ini kesan yang didapat adalah “makanya, hentikan penindasan!” atau “hentikan perang!”. Pesan dari film ini cukup membuat sebuah perenungan di akhir cerita.

Film ini murni film drama tanpa ada adegan yang sadis dipertontonkan. Cerita ini membuat kita melihat kejadian perseteruan Nazi dengan Yahudi dari mata anak-anak yang tidak mengerti apa-apa… mungkin ini versi kebalikan dari “Life is Beautiful” yang juga menunjukkan pada penonton dengan memperlihatkan kondisi semacam ini dari mata seorang anak Yahudi. Sedangkan film ini memperlihatkan kondisi semacam ini dari mata seorang anak Jerman.

Pemain : Asa Butterfield, Jack Scalon, Amber Beattie, David Thewlis, Vera Farmiga, Richard Johnson, Sheila Hancock, Rupert Friend, David Hayman, Jim Norton, Cara Horgan

Sutradara : Mark Herman

Produser : David Heyman, Mark Herman, Rosie Alison

Produksi : BBC Films

Tahun : 2008

onemoreplotplease

Akting :

Harmonisasi film : 

Hiburan : 

Pesan : 

Sinematografi : 

————————————————————

Overall: ( 7.7 )

-DJD-

10 Comments

Filed under B

10 responses to “THE BOY IN THE STRIPED PAJAMAS

  1. andhi

    wow..sepertinya menyentuh sekali film ini berhubung film sejenis Life is beautifull mjd salah satu favoritku jadi ga sabar mo nonton ni film.
    semoga sesuai ekspektasi…

  2. jirodanusastro

    gak se”top” life is beautiful sih… tapi kalo suka dengan crita2 semacam itu… film ini boleh lah dinikmati…

  3. Allentine

    aduh film ini bikin sakit hati tuh ending nya

  4. jirodanusastro

    @allentine: wah.. iya memang… untungnya sebelumnya udah baca bukunya dulu… jadi gak sesakit hati itu… tapi terkaget2 dengan ending bgitu… life is beautiful juga hampir sejenis bgini endingnya….

  5. verche

    setiap inget endingnya jadi trenyuh deh.. rasanya sakit hati gw…

  6. Maian

    Ms ada gag ya bukux dijual?pgn bli nih.filmx bgs bgt! Tp aq pnasaran ama bukux.!tlg inf0x y?

    • jirodanusastro

      saya beli bukunya di gramedia, udah lama tapi,, saya beli waktu itu tahun 2007.. coba cari saja di bagian novel.. covernya garis2 biru putih biru putih… sedikit curhat nih… dulu waktu saya beli bukunya mikir ini novel anak2… ternyata begitu dibaca,, tegang sendiri… dan bagusss.. begitu ada filmnya, menurut saya ini salah satu film adaptasi novel terbaik karena bagi saya begitu menonton filmnya sesuai dengan imajinasi saya waktu baca bukunya… terutama adegan akhirnya… kalau suka dengan cerita begini,, bukunya recommended kok… silakan mencari… sepertinya memang agak susah mencari sekarang2 ini,, teman saya juga kesusahan mencarinya..

  7. Fanny

    Ada yang jual second ga neh novel? aq beli deh klo bisa ada versi englishnya jg…
    Pengen buat skripsi neh..Ditunggu y bantuannya, Thq!!

  8. vany

    film tragis ;'(

  9. dewi

    memang di film ini tidak terlihat ada adegan penindasan.. tapi melihat lelaki berpiama ini,rasanya pingin narik dia dari dalam tv,trus ngasih makan, ngajak main dan masukin sekolah. coz anak nya adorable bangett

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s