SLUMDOG MILLIONAIRE

SLUMDOG MILLIONAIRE

2968978540_b3a8f207bc

Kisah tentang Jamal (Dev Patel) yang memenangkan acara “who wants to be a millionaire” versi India. Ketika Jamal telah mendapatkan 10 juta rupee, yang selangkah lagi mendapatkan hadiah utama sebesar 20 juta rupee, dia dituduh melakukan kecurangan. Dia dipaksa mengaku di kantor polisi. Dia dituduh curang karena Jamal berasal dari daerah slum (kumuh), sehingga berkesan bagaimana orang daerah slum yang identik dengan kebodohan bisa memenangkan kuis tersebut. Jawabannya adalah untuk memenangkan kuis tersebut tak perlu orang yang jenius. Dia bisa menjawab pertanyaan kuis tersebut karena berdasarkan pengalaman-pengalaman tragis yang pernah dia alami dari kecil. Lagipula, Jamal ikut kuis ini bukan untuk hadiahnya.

Kesan ketika selesai nonton menonton film ini: “pantes menang!” saya bingung mau memulai dari mana nilainya. Yang paling perlu untuk diacungi jempol adalah sutradaranya, Danny Boyle. Dia dapat membuat ide cerita yang sederhana ini menjadi “wow”. Dia menggarap sangat apik. Kronologis ceritanya dapat ditangkap dengan mudah walaupun alurnya maju mundur. Jadi, untuk menilai film ini bagus atau tidak, harus benar-benar menonton dari awal sampai akhir. Soalnya, sebenarnya, bila menilainya dibagi-bagi menurut unsur-unsurnya, film ini tidak cukup bagus. Komposisi yang pas dari keseluruhannyalah yang membuat film ini pantas menang di festival-festival film. Akting pemain hanya beberapa yang bagus. Hanya Dev Patel dan Anil Kapoor yang menonjol bagus. Sinematografi agak kurang, banyak pengambilan gambar yang tidak fokus, goyang. Bila dalam adegan lari atau untuk adegan yang menegangkan, pengambilan gambar seperti ini tidak masalah. Tapi, bila pada saat dialog yang posisinya diam, mengapa kamera tetap goyang? Tapi selebihnya, spot, angle semua diambil sangat bagus. Perlu diacungi jempol juga kameraman film ini untuk pengambilan beberapa adegan yang tergolong sulit. Editor! Hebat, potongan-potongan gambar antar scene sangat rapi.

Rasanya film ini seperti film dokumenter yang didramakan. Membuka mata, bisa jadi perenungan, saking terlihat real menjadi terbawa suasana. Tidak memainkan emosi penonton tapi cukup membawa suasana. Bila dicermati pesan film ini bagus walau banyak pesan yang tersirat. Jadi, perlu sedikit berpikir untuk mendapatkan pesan film ini.

Pemain: Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Madhur Mittal, Mahesh Manjrekar

Sutradara: Danny Boyle, Loveleen Tandan

Produser: Christian Colson

Produksi: Celador Films

Tahun : 2008

www_cinemaisdope-com1

Akting : bintangputih bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 8 )

Harmonisasi film : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 10 )

Hiburan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 8 )

Pesan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 8.5 )

Sinematografi : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 7.5 )

————————————————————

Overall: bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 8.4 )

-DJD-

2 Comments

Filed under S

2 responses to “SLUMDOG MILLIONAIRE

  1. rin

    jiroooo…
    wahh blognya ttg review2 film yaa…
    bagus..
    aku blm ntn slumdog ney.. T.T..
    huhuhu..

    kangen bgt sm kamu…

  2. Saya sudah menonton slumdog millionare dan saya sependapat dengan mas Jiro.
    Danny Boyle sang sineas film ini memang pantas diacungi jempol, setelah film yang sunshine ternyata kurang sukses, dengan segera ditebus film semi india, karena walau setting di India dan artis dari India, tapi saya merasa ini bukanlah film india meski juga di ending diberikan scene khas bolywood yaitu menyanyi diiringi tarian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s