PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

film20041b

Cerita tentang Anissa (Revalina S. Temat) yang merasa ada ketidakadilan pada perempuan. Perempuan selalu dipandang sebelah mata. Hal ini yang mendorong Anissa untuk mendobrak pikiran-pikiran konservatif semacam itu. Perjuangan dia untuk keadilan dari kesetaraan gender ini amat berat karena yang dia hadapi adalah Hanan, ayahnya sendiri yang seorang Kyai (Joshua Pandelaky); Suaminya, Samsudin (Reza Rahadian); kakaknya, Reza (Eron Lebang). Perjuangan dia mendapat dukungan dari Khudori (Oka Antara) dan Ibunya (Widyawati).

Resensi Film

Acungan jempol untuk Hanung Bramantyo. Ia mengangkat (lagi) cerita yang berlatarkan Islam. Akan tetapi, film ini dapat dinikmati segala kalangan alias universal. Sebenarnya, kalau boleh saya katakan, film ini lebih mengarah ke feminisme, kesetaraan gender, atau emansipasi wanita walau berlatarkan Islam. Hanung semakin apik menggarap film. Film ini digarap cukup detail. Yah walau masih ada satu adegan yang sedikit mengganggu karena agak didramatisir sedikit (ingin cerita, tapi nanti jadi spoiler untuk yang belum nonton), tapi adegan ini tidak merusak film secara keseluruhan. Hanya saja untuk cerita,,, temanya bagus tapi perjuangannya agak kurang greget. JADI, menurut saya, untuk masyarakat Indonesia secara umum akan tergerak karena film ini. Tapi, untuk wanita Indonesia yang memang sudah menjadi wanita karir, punya jabatan, terutama wanita-wanita di kota besar pada umumnya, akan merasa biasa saja dengan film ini. Setidaknya kesan yang didapat adalah rasa iba dan simpati dengan tokoh Anissa, tidak menjadikan Anissa sebagai motivator.

Untuk akting para pemainnya.. acungan jempol semua.. wow.. hanya saja.. figurannya kurang mendukung dalam film. Masih terasa kaku dan canggungnya.. tapi, tak apa.. tertutup sama para aktor dan aktris di film ini.

Pemain: Revalina S. Temat, Oka Antara, Joshua Pandelaky, Widyawati, Reza Rahadian

Sutradara : Hanung Bramantyo

Produser : Hanung Bramantyo

Produksi : Starvision

kharismastarvisionplus

Akting : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 7 )

Harmonisasi film : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 6.5 )

Hiburan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 4.5 )

Pesan : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 9 )

Sinematografi : bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintang-putih-1-2( 7.5 )

————————————————————

Overall: bintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputihbintangputih( 6.9 )

-DJD-

1 Comment

Filed under P

One response to “PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

  1. Menurut gue justru film ini adalah film gagal. Dan semakin meyakinkan gue Hanung gak bisa bikin film religi (udah… balik ke komedi aja deh, Nung^^). Banyak hal yang mau gue bahas, tapi takutnya kepanjangan. Intinya sih feminisme itu over-rated (FYI, gue perempuan lho). Dan film ini udah ngasih gambaran yang salah tentang perempuan dalam Islam. Jadi nontonnya harus bener-bener pake filter. Jangan diserap masuk ke otak gitu aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s